5 Negara Pemasok Turis Mancanegara Terbanyak Di Lombok

Portal Sindo - Ada lima negara penyumbang paling besar turis mancanegara di Lombok. Ke lima negara itu yaitu Australia, Malaysia, Inggris, Prancis, Jerman. 

Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), L. M Fauzal, menyampaikan, Malaysia jadi satu diantara yang paling atas sesudah branding wisata halal digaungkan dan memperoleh penghargaan dari WHTA 2015. 



Disamping itu, Australia memanglah diharapkan memberi bayak wisman lantaran Lombok dekat dengan Bali yang disebut city hub. 

Dalam sekian waktu ke depan, pihaknya akan memberi beberapa penerbangan lagi untuk tingkatkan jumlah wisman. Menurut Fauzal, Air Asia saat ini selalu membawa penuh penumpang yang akan berwisata. 

 " Air Asia dulu isinya TKI karena NTB jadi satu diantara pusat TKI di daerah timur, namun saat ini karena brand halal, berisi penumpang yang ingin pariwisata. Demikian juga dengan Silk Air yang terbang dari Singapura ke Lombok, terlebih dulu hanya terbang 4 kali satu hari, namun managernya telah bertemu saya dan minta ditambah penerbangannya jadi 5 kali satu hari, " tuturnya. 

Dibawah lima besar negara itu, ada negara-negara Timur Tengah penyumbang wisman paling besar yakni Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Qatar, Iran dan Oman. Negara-negara Timur Tengah dengan perekonomian stabil itu mulai datang ke Lombok, terlebih ke daerah Sekotong untuk nikmati paket wisata bulan madu. 

“Mereka honeymoon kesini lantaran villa-villa di Lombok rencananya halal destinasi, villa ada di satu blok sekaligus komplit dengan bebrapa sarana, ” tambah Fauzal. 

Jika sebagian besar wisman Timur Tengah menuju ke Lombok untuk berbulan madu, berbeda lagi dengan wisman Malaysia. Saat ini wisatawan dari Negeri Jiran itu telah mulai suka pada trekking di Gunung Rinjani dan Senaru, maupun nikmati aktivitas snorkeling dan menyelam.(traveling bisnis)