Misteri Foto Jenazah Santoso Tersenyum Bikin Heboh Media Sosial

PORTAL SINDO - Pasca dinyatakannya pemimpin gerilyawan di Poso, Santoso dengan kata lain Abu Wardah, tewas, mengedar photo sesosok wajah yang diklaim sebagai Santoso, yang paling diburu selama ini. Dalam photo itu terlihat seorang dimasukkan dalam kantong mayat berwarna kuning. 

Tetapi yang dipertunjukkan cuma sosok wajah yang mempunyai rambut panjang serta tahi lalat besar di tengah-tengah jidat tepatnya pada ke-2 alisnya. Diberitakan di Tribunnew. com Di photo itu, sosok Santoso terlihat mengenakan pakaian hitam. 

Tampak juga ke-2 matanya tak menutup rapat. Bahkan juga mata kirinya terbuka lebih lebar di banding mata kanan. Yang menarik, bibir Santoso tampak seperti terbuka, yang apabila dihubungkan dengan matanya, terkesan seakan-akan tersenyum. 

Tetapi bibirnya yang terbuka hingga terlihat sebagian barisan giginya itu, kemungkinan juga pembawaan yang disebabkan oleh bentuk gigi yang agak menonjol. Apakah diakhir hayatnya Santoso betul-betul tersenyum atau tidak? Wallahualam. 

Yang pasti, hal semacam itu langsung jadi perbincangan hangat di sosial media. (Sejumlah Bagian Badan Santoso Bolong, Bukan Tembakan di Kepala yang Menewaskannya). 

Account twitter @SlametMuslim mengingatkan publik supaya tidak gegabah membuat penilaian mengenai Santoso. Dia berujar : “Utk bbrp hr kedepan catet siapa yang : 1. memanggil santoso sbg " mujahidin”, 2. Menyebut kt " syahid”, 3. Menyebarkan hoax dia tersenyum. ” 

Ada juga yang menanggapinya dengan candaan. Seperti ditulis account @_ntap : “santoso meninggal dengan tersenyum.. 
tinggal tungguin mayitnya wangi apa kaga.. ” 
Account @iyutVB menyampaikan dunia Islam Berduka atas kematian Santoso. “Santoso meninggal dengan tersenyum. Mukanya bercahaya banget, akhi! Subhanallah!! Syahid!! ” 

Perhatian Dunia 
Disamping itu, diambil dari Tribunnews. com, berita tewasnya Abu Wardah alias Santoso yang sering dikatakan sebagai " teroris ISIS paling berbahaya " jadi pergunjingan dunia. 

Beberapa media asing ramai memberitakan terkait kematian pemimpin Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso. 

Menurut media Singapura Straits Times, ini adalah ke-2 kalinya Indonesia hampir berhasil menaklukkan pemimpin teroris tersebut . 

Kelompok teroris Santoso ikut serta baku tembak, Senin (18/7/2016). Baku tembak berlangsung di Tambarana, Poso, melibatkan tim gabungan prajurit TNI dan polisi, menyebabkan dua orang meninggal dunia. 

Satu diantara yang tewas disangka yaitu pemimpin kelompok MIT, Santoso. 
Hal itu berdasar pada ciri fisik mempunyai tahi lalat di dahi, wajahnya tirus, dan kurus. 
  
 " Mirip seperti ciri-ciri Santoso, " demikianlah kata Kapendam VII Wirabuana, Letkol Inf Alamsyah waktu di konfirmasi Tribun Timur. 

Media Australia ABC News menyebutkan Kepolisian Indonesia tengah berharap kalau satu dari dua korban tewas itu yaitu Santoso. 

Sebab bila benar, jadi itu akan jadi keberhasilan besar untuk otoritas Indonesia atas usaha anti-terorisme yang telah dilakukan sejauh ini. 

Terlebih mengingat beberapa ribu pasukan dan tentara sudah dikerahkan untuk memburu pria yang dikatakan sebagai buronan utama Indonesia sepanjang lima th. ini. 

Media Inggris Daily Mail mengatakan Santoso dan pengikutnya sudah menyuarakan sumpah setianya untuk ikut ISIS. 

Hal semacam itu yang menjadikannya masuk dalam daftar teroris paling berbahaya didunia yang di buat Amerika serikat. 

Bahkan juga, sejumlah muslim etnis Uighur di Tiongkok telah ada yang bergabung dengan kelompok binaan Santoso itu. Menurut media Filipina Rappler, ancaman ISIS di Asia Tenggara memang belum begitu besar, tetapi dapat punya potensi semakin besar. 

Dikatakan ancaman ISIS di Asia Tenggara sampai kini berpusat di Indonesia, negara dengan populasi muslim terbesar didunia.