Anak Zaman Sekarang, Pintar Main Gadget Tapi Manja dan Tidak Mandiri

PORTAL SINDO - Dari hari ke hari, perkembangan alat komunikasi dan tehnologi makin mutakhir dan mengesankan. Demikian juga dengan anak-anak. Dapat di pastikan, nyaris sebagian besar anak bisa mengoperasikan gadget atau sebatas memainkan smartphone orang tuanya. Bahkan juga, sebagian anak sudah diberikan sarana gadget oleh orangtua mulai sejak usianya masih begitu dini. Diambil dari laman vemale.com, beberapa peneliti menemukan bahwa 3 dari 5 anak didunia telah dapat menjalankan dan memainkan gadget. 

Peneliti menemukan kalau nyaris 25% anak dapat buka situs serta browser lewat gadget tanpa ada bantuan orang lain. Sayang, cuma 20% anak yang dapat berenang atau beraktivitas nyata dalam kehidupan keseharian tanpa bantuan orang lain. Karena dampak gadget, para peneliti mengungkap bahwa anak-anak masa saat ini malah tumbuh jadi anak yang manja dan tak mandiri. 

Memang, untuk masalah menjalankan gadget dan nikmati aplikasi didunia maya mereka begitu cerdas, cekatan juga pintar. Namun, saat anak-anak ini dihadapkan dengan aktivitas didunia nyata dan sosialisasi yang sebenarnya, anak-anak condong kesusahan dan kurang percaya diri. Satu studi on-line dari AVG Technologies menemukan kalau nyaris 58% anak umur 3 hingga 5 tahun dapat menjalankan computer, smartphone atau gadget dan semacamnya. Namun, cuma 1 hingga 6% anak yang bisa membuat dan menyediakan sarapan sendiri, mempunyai hasrat untuk membersihkan sepatu atau benda miliknya sendiri. 

AVG Technologies sendiri adalah satu perusahaan di Belanda yang berbasiskan meningkatkan keamanan piranti lunak dan perkembangan teknologi yang ada sekarang ini. Peneliti dari AVG ini dapat temukan bahwa cuma sedikit anak masa saat ini yang bisa beraktivitas harian dengan percaya diri serta mengesankan. Di ketahui, jumlah anak masa saat ini yg tidak bisa naik sepeda makin banyak. Walau sebenarnya, nyaris semua anak dapat menjalankan serta memainkan gadget dan smartphone. 

Selain temukan anak jadi lebih manja dan tak mandiri karena dampak gadget, peneliti juga menemukan kalau anak yang tumbuh dan berkembang berbarengan orangtua muda sangat mungkin tumbuh dan berkembang lebih manja juga bila dibanding dengan anak yang tumbuh dan berkembang bersama orangtua (ibu) dengan umur diatas 35 tahun. 

Dengan hasil riset ini, peneliti merekomendasikan supaya setiap orangtua masa saat ini lebih perduli pada buah hati dan mengawasi tiap-tiap kesibukan yang dilakukan. Diharapkan, orangtua masa saat ini juga membatasi kesibukan anak berkaitan dengan gadget atau semacamnya dan orangtua lebih bisa mengajak anak untuk bersosialisasi dan aktif didunia nyata dan kehidupan keseharian yang sebenarnya. 

Mudah-mudahan, info ini bermanfaat dan kita, sebagai orangtua akan makin bijak dalam menjaga, merawat juga mendidik buah hati dirumah.