11 Hal Tentang Orang Indonesia yang Bikin `Ilfil` Orang Asing

PORTAL SINDO - Indonesia memanglah memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya, terutama para turis asing dari beragam negara di Indonesia. Selain keelokan serta sumber daya alamnya yang melimpah, juga adat dan budayanya yang beraneka. 

Tetapi dibalik itu, ada beberapa hal unik yang terjadi di Indonesia serta hal semacam itu dianggap aneh oleh para turis, hingga mereka merasa ilfil. Berikut beberapa fakta, kebiasaan, dan tradisi yang dimaksud : 

1. Cara orang Indonesia merayakan ulang tahun 
Umumnya waktu ulang tahun, sebagian rekan-rekan baik telah menyiapkan satu ritual unik. Sesudah mereka berkumpul, memotong kue, sebagian orang lalu melempari teman yang ulang th. dengan telur dan terigu ke kepala atau badan mereka. Kadang-kadang teman yang ulang tahun itu juga dikerjain dengan beberapa hal aneh. 

2. Sebagian besar orang Indonesia yakin pada hantu, untuk alasan ini mereka tak pernah mematikan lampu, bahkan juga waktu tidur. Selain boros energi pasti hal semacam ini begitu tdk nyaman untuk beberapa orang asing yang memiliki rutinitas tidur dengan mematikan lampu. 

3. Nyaris setiap rumah, toko, atau rumah sakit ada hewan peliharaan : kucing. Selain kucing ada hewan peliharaan lain yang begitu unik, seperti ikan, kura-kura, burung, serta monyet. Sementara hewan-hewan lain yg tidak dipelihara namun ada di sekitaran kita salah satunya : nyamuk, semut, kecoa, dan tikus 

4. Soal makanan. Mencampurkan salad dengan mayones pasti begitu normal. Tetapi di Indonesia ada pula yang lebih unik, memakan pisang dengan sambal. Ada pula yang makan nasi dengan lauk mi untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Ada pula makanan lain yang nyaris sebagian besar menggunakan cabai, begitu pedas. 

5. Ada banyak rumah atau restoran yang memiliki toilet " primitif ". Mereka tak pernah menggunakan kertas tisu, dan tak di-flush. Jarang diketemukan shower, tetapi yang ada yaitu ember besar dengan air dari kran yang selalu dingin. Pasti ini begitu cocok dengan kondisi Indonesia yang begitu panas. 

6. Mengenai waktu. Nampaknya orang Indonesia begitu santai. Untuk bertemu, perlu waktu 30-120 menit untuk menunggu. Perspektif mengenai waktu dan ketepatan waktu begitu bertolak belakang dengan rutinitas orang asing, Eropa misalnya. 

7. Orang-orang Indonesia dan Asia pada umumnya ingin memiliki kulit putih. Ini berlawanan dengan keinginan orang Eropa. Sehingga para wanita Indonesia berupaya menghindari guyuran sinar matahari langsung dengan menggunakan payung atau jaket. Bahkan juga, di negara tropis ini banyak diketemukan kosmetik pemutih. 

8. Tabu memegang kepala orang yang lebih tua, terlebih orang-tua. Menyentuh atau memegang kepala apalagi dengan berniat dianggap tindakan yg tidak menghormati, tidak miliki norma dan kurang ajar. 

9. Orang-tua di Indonesia mempunyai pengaruh yang begitu besar pada anak-anak tentang hidup anak-anaknya dari mulai pilihan studi, suami/istri, agama. Anak-anak dari keluarga yang konservatif harus memohon izin saat akan pergi keluar rumah dengan jam malam. Umumnya diijinkan hingga jam 9 malam. 

10. Obat herbal atau jamu tradisional yang dianggap dapat mengobati beragam jenis penyakit begitu beredar banyak di Indonesia. Bahkan juga, beberapa dokter merekomendasikan untuk mengkonsumsinya. 

11. Tidak ada privasi. Beberapa orang lebih memilih untuk tinggal dan tidur sekamar dengan orang lain, baik karena argumen takut atau karena mereka tak suka tinggal sendirian. Tidur dianggap bukan hal yang privasi. Sehingga lazim terjadi orang tidur ditempat umum dan dibangunkan sewaktu-waktu. (*dari berbagai sumber)